CARA TUNING MESIN NITRO
Salam kenal,
Hallo para RC mania, selamat datang pada blog saya yang sederhana ini,
pada tulisan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang tuning karburator mesin nitro pada RC
kita dan sesuaikan dengan yang kita
inginkan, mudah untuk start dan dapat berteriak pada rpm atas.
Pada bagian karbu nitro ada beberapa bagian yang perlu untuk di seting
agar sesuai keinginan kita, yaitu idle atau langsam, kita tentu menginginkan
agar mesin nitro kita tidak mudah mati saat start dan juga tidak mudah mati
saat melakukan pengereman. Dalam hal ini yang perlu kita perhatikan adalah
berapa tinggi rpm idle agar mesin nitro kita tetap hidup tetapi RC dalam
keadaan diam atau tidak bergerak.
Setelan pada karburator ada 3, yang pertama adalah setelan idle, yang
kedua setelan putaran rendah dan yang terakhir adalah setelan putaran tinggi.
Oke langsung saja kita bahas langkah-langkah yang harus kita kerjakan.
Pastikan dulu bahwa bahan bakar dan baterai remote maupun RC terisi penuh. Busi
pemanas juga harus dicek dan baterai
untuk busi pemanas juga dalam keadaan yang baik.
langkah pertama yang harus kita
lakukan adalah copot filter dari karburator, pastikan bahwa bukaan skep (skep
geser maupun naik-turun) kurang lebih 1 mm. cara melihatnya adalah dengan melihat
langsung pada corong karburator apakah bukaan sudah sesuai, jika belum sesuai
geser setelan idle pada karburator.
Biarkan posisi setelan putaran rendah dan putaran tinggi. Yang kita
lakukan sekarang mulailah start mesin.
Jalankan mobil remot beberapa saat hingga mesin sudah pada suhu
kerjanya, kurang lebih dua menit dengan bukaan gas yang tidak terlalu
tinggi. Hentikan mobile remot kemudian
japit slang nitro yang menuju ke karburator, boleh juga ditekuk dan pastikan
aliran bahan bakar benar- benar terhenti, jika mesin mulai naik rpm dan
kemudian mati pada detik ke-3 berarti setelan putaran bawah telah sesuai.
Jika belum naik rpm dan tidak mati pada detik ke-4 maka setelan putaran
bawah terlalu kering, maka langkahnya adalah putar setelan putaran bawah
berlawanan dengan arah jarum jam 1/12 putaran.
Ulangi kembali langkah tadi, yaitu start mesin dan jalankan kembali
mobil remote beberapa putaran, japit
atau tekuk selang menuju karburator, jika mesin belum naik naik rpm saat kita
jepit selang bahan bakar dan belum mati pada detik ke-3 berarti ulangi langkah
tersebut sampai sesuai dengan cara saya,
yaitu setelah slang bahan bakar kita jepit
maka rpm akan anaik dan masin mati pada detik-3. Jika sudah maka kita
menuju langkah selanjutnya.
Pada saat kita jepit selang bahan bakar dan mesin mati sebelum detik
ke-3 maka setelan terlalu boros, maka putar 1/12 sampai sesuai dengan anjuran.
Perlu diingat jika setelan terlalu irit maka mesin akan mudah panas dan mudah
rusak.
Langkah selanjutnya adalah mainkan mobil remot dan rem mendadak, jika
mesin mati berarti setelan idle perlu sedikit dinaikkan dengan menggeser
setelan idle 1/12 putaran searah jarum jam.
Lakukan kembali langkah test idle dengan menjalankan mobil remot dan rem
mendadak. Jika mesin tidak mati berarti kita dapat melanjutkan langkah
berikutnya.
Kita masuk pada bahasan setelan putaran atas, setelan ini berguna untuk mengalirkan bahan bahar pada putaran mesin dengan rpm tinggi, taruhlah mobil remot pada dudukan agar keempat rodanya menggantung, pegang bagian ekor mobil remot kemudian naikkan rpm dengan mendadak, jika mesin lambat naik rpmnya dapat dipastikan setelan bahan bakar terlalu miskin untuk rpm atas, putar setelan putaran atas 1/12 berlawanan jarum jam, ulangi langkahnya sampai dirasa rpm benar-benar cepat naiknnya.
sekian
dulu cara tuning mesin nitro yang dapat saya ulas sedikit menurut
beberapa master rc dan pengalaman saya selama selama main mobil remot
dengan mesin nitro, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan khususnya
bagi pemula penghobi mesin nitro.
raungan mesin nitro dapat menggangu tetangga sebelah saya sarankan tuning ditempat yang agak jauh dari pemukiman.
catatan : saya menggunakan mobil buggy HSP Warhead dengan mesin standart vertex 1.8.
terima kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar